Tugas


1.Jelaskan dua peranan aset keuangan dalam perkekonomian beserta contoh penjelasannya?

Aset berwujud adalah aset yang nilainya bergantung dari bentuk fisik tertentu atas aset tersebut,contoh :tanah, bangunan, mobil, pabrik, mesin, dan aset-aset fisik lain.sedangkan aset tak  terwujud adalah aset yang nilainya tidak tergantung dari bentuk fisik aset tersebut, salah satu jenis aset tak terwujud adalah aset keuangan.aset keuangan memiliki nilai karena klaim-klaim atas sejuml;ah manfaat yang berupa arus kas di masa mendatang.


2. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi pasar keuangan berdasarkan jatuh tempo klaim ?

a.       Pasar uang (money market)

Merupakan pasar yang memperdagangkan aset keuangan dengan instrumen utang jasa pendek .pada umumnya jangka waktu jatuh tempo surat ulang dibawah 12 tahun

b.      Pasar modal (capital market)

Adalah pasar aset-aset keuangan jangka panjang,yaitu aset keuangan yang jatuh temponya diatas 12 bulan .dipasar ini aset keuangan yang diperdagangkan bisa dengan instrumen utang bisa juga dengan instrumen ekuitas 


3. Sebutkan manfaat dari suatu sistem keuangan yang modern atau sistem keuangan yang baik bagi suatu perekonomian ?

1.      Kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran sehingga produksi dan perekonomian dapat tumbuh dengan pesat

2.      Memudahkan pemindahan dana dari pihak yang kelebihan kepada pihak yang membutuhkan ,yang selanjutnya akan dibelanjakan alat-alat infestasi untuk meningkatkan produksi

3.      Memberikan keluasaan bagi rumah tangga dan institusi-institusi lain untuk melakukan investasi ,meskipun mereka tidak pernah melakukan usaha secara teknis

4.      Menentukan harga aset keuangan termasuk dedalamnya bunga kredit

5.      Mampu memberikan sinyal perkembangan ekonomi makro ke depan


4. Jelaskan jasa-jasa keuangan utama apa saja yang dapat diberikan / ditawarkan oleh lembaga keuangan sebagai industri jasa keuangan?

a.       Mengubah aset keuangan yang didapatkan dari pasar menjadi bentuk aset keuangan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula,contohnya lembaga keuangan memberikan jasa mengubah aset keuangan berupa tabungan menjadi kredit.

b.      Membantu menciptakan berbagai bentuk aset keuangan untuk kepentingan klien perusahanya.

c.       Memperdagangkan aset keuangan untuk berbagai kepentingan baik kepentingan perusahaan keuangan sendiri,maupun kepentingan pihak lain,

d.      Memberikan jasa perlindungan atas resiko yang mungkin dihadapi oleh kliennya baik resiko bisnis,maupun resiko yang lain.

e.       Memberikan jasa konsultasi untuk para investor dan pelaku pasar keuangan lainnya.

f.       Memberikan jasa pengelolahan portopolio baik untuk pelaku pasar keuangan maupun untuk masyarakat umum


5. Sebutkan klasifikasi lembaga keuangan sebagai lembaga perantara (intermediary) beserta contohnya?

Lembaga keuangan depository sebagian besar dananya diperoleh dengan cara menghimpun dana dari masyarakat,yang dilakukan dengan menawarkan jasa tabungan atau simpanan.contohnya lembaga keuangan depository adalah bank(bank umum, bank perkreditan rakyat, bank syariah, bank perkreditan syariah),dan lembaga simpan pinjam (misalnya koperasi)

Lembanga non-dipository adalah lembaga keuangan dimana penghimpunan dana masyarakat tidak dilakukan dengan menawarkan produk tabungan atau simpanan,melainkan dengan cara lain,contohnya lembaga keuangan non-dispository adalah asuransi,lembaga pembiayaan,lembaga dana pensiun,lembaga reksa dana dan lembaga-lembaga lain.


6. Sebutkan dan jelaskan peranan mendasar dan fungsi utama dari Bank Sentral dalam perekonomian

1.      Fungsi kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas nilai uang , bank sentral di beri kewenangan atara lain merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar.

2.      melakukan pengstursn dan pelaksanaan sintem pembayaran . menyakup sekumpulan kesepakatan ,aturan standar dan prosedur peredaran uang antar pihak dengan menggunakan instrumen pembayaran syah.

3.      bank sentral sebagai banknya para bank.

4.      mengatur dan mengawasi perbankan bank merupakan lembaga yang cukup vital dalam proses intermediasi.



7. Sebutkan dan jelaskan 2 pendekatan yang dilakukan BI dalam menjalankan tugas pengawasan bank ? Dalam menjalankan tugas pengawasan bank, saat ini BI melaksanakan sistem pengawasannya dengan menggunakan 2 pendekatan yakni pengawasan berdasarkan kepatuhan (compliance based supervision) dan pengawasan berdasarkan risiko (risk based supervision/RBS)..

1.      Pengawasan Berdasarkan Kepatuhan (Compliance Based Supervision)

Pendekatan pengawasan berdasarkan kepatuhan pada dasarnya menekankan pemantauan kepatuhan bank untuk melaksanakan ketentuan ketentuan yang terkait dengan operasi dan pengelolaan bank. Pendekatan ini mengacu pada kondisi bank di masa lalu dengan tujuan untuk memastikan bahwa bank telah beroperasi dan dikelola secara baik dan benar menurut prinsip-prinsip kehati-hatian.

2.      Pengawasan Berdasarkan Risiko (Risk Based Supervision)

Pendekatan pengawasan berdasarkan risiko merupakan pendekatan pengawasan yang berorientasi ke depan (forward looking). Dengan menggunakan pendekatan tersebut pengawasan/pemeriksaan suatu bank difokuskan pada risiko-risiko yang melekat (inherent risk)pada aktivitas fungsional bank serta sistem pengendalian risiko (risk control system). Melalui pendekatan ini akan lebih memungkinkan otoritas pengawasan bank untuk proaktif dalam melakukan pencegahan terhadap permasalahan yang potensial timbul di bank.


8. Sebutkan tiga tugas pokok Bank Indonesia berdasarkan UU no. 23 tahun 1999 yang telah diubah dengan UU no.3 tahun 2004 ?

1.      .menetapkan dan melaksanakan kebijakan monoter

2.      mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

3.      megatur dan mengawasi bank.

Comments

Popular posts from this blog

HARGA DAN ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

INTERVIEW cruiseship