Lingkungan ekonomi

 

1.Lingkungan ekonomi merupakan kondisi ekonomi dan bisnis yang dihadapi pelaku ekonomi dalam memasuki pasar. Pelaku ekonomi dapat meraih keuntungan dalam segala situasi baik resesi maupun depresi, baik dalam kondisi inflasi maupun keadaan ekonomi yang baik. Hal tersebut menandakan adanya ketidakstabilan kondisi perekonomian akibat pandemi COVID-19 semakin dirasakan dalam kehidupan masyarakat .
Contoh produk Atau layanan yang sukses atau berhasil dalam kondisi pandemi antara lain:
- Makanan
Karena usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa pandemi adalah karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun.
- Usaha Jasa atau Produk Kesehatan
Karena Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup.

2. segmentasi pasar  dapat dipertimbangkan berdasar karakteristik dan perilaku pelanggan untuk produk-produk atau layanan yang laku dan berhasil pemasarannya di era pandemi sekarang ini adalah Segmentasi psikografis yaitu dengan membagi suatu pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk. Karena pada masa pandemi konsumen cenderung memutuskan pembelian barang/jasa berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk tersebut.

BMP EKMA4569 modul 2 dan http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-pandemi-covid-19

Comments

Popular posts from this blog

HARGA DAN ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

INTERVIEW cruiseship

Tugas