Lingkungan ekonomi
1.Lingkungan ekonomi merupakan kondisi ekonomi dan
bisnis yang dihadapi pelaku ekonomi dalam memasuki pasar. Pelaku ekonomi dapat
meraih keuntungan dalam segala situasi baik resesi maupun depresi, baik dalam
kondisi inflasi maupun keadaan ekonomi yang baik. Hal tersebut menandakan
adanya ketidakstabilan kondisi perekonomian akibat pandemi COVID-19 semakin
dirasakan dalam kehidupan masyarakat .
Contoh produk Atau layanan yang sukses atau berhasil dalam kondisi pandemi
antara lain:
- Makanan
Karena usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa pandemi adalah karena
masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan
kondisi serba sulit sekalipun.
- Usaha Jasa atau Produk Kesehatan
Karena Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan
jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang
krusial untuk tetap bertahan hidup.
2. segmentasi pasar dapat dipertimbangkan berdasar karakteristik
dan perilaku pelanggan untuk produk-produk atau layanan yang laku dan berhasil
pemasarannya di era pandemi sekarang ini adalah Segmentasi psikografis yaitu
dengan membagi suatu pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap,
penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk. Karena pada masa pandemi
konsumen cenderung memutuskan pembelian barang/jasa berdasarkan pengetahuan,
sikap, penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk tersebut.
BMP EKMA4569 modul 2 dan http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-pandemi-covid-19
Comments
Post a Comment