BMP EKMA4473

 

1. Menurut Schroeder (2000) terdapat tiga macam strategi yang dapat digunakan untuk mengenalkan produk baru ke pasar, yaitu:  

·         Tarikan Pasar.

Strategi ini menyatakan bahwa pasar merupakan dasar untuk menentukan produk yang harus dibuat oleh produsen dengan bantuan teknologi yang ada saat ini. Suatu perusahaan sudah seharusnya membuat produk yang dapat dijual. Hal ini dapat diawali dengan penentuan kebutuhan konsumen dan dilanjutkan dengan pengorganisasian sumber daya serta proses sehingga dapat memasok produk kepada konsumen. Artinya, pasarlah yang menarik perusahaan untuk membuat produk baru.

·         Dorongan Teknologi.

Strategi ini menyatakan bahwa teknologi merupakan penentu utama produk yang harus dibuat perusahaan dan sedikit memperhatikan pasar. Perusahaan harus mengejar keuntungan dari teknologi dengan mengembangkan teknologi dan produk superior. Produk hasil perkembangan teknologi tersebut selanjutnya didorong ke pasar dan tugas bagian pemasaranlah untuk menciptakan permintaan produk tersebut. Suatu produk yang memiliki teknologi yang canggih, maka pasar akan berusaha memanfaatkan teknologi baru tersebut sehingga konsumen akan membeli produk tersebut.

·         Pandangan Interfungsional.

Strategi ini merupakan penggabungan dari dua strategi sebelumnya, yaitu bahwa suatu produk hendaknya tidak hanya menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, tetapi juga manfaat teknis yang diperoleh. Untuk melaksanakan, semua fungsi dalam organisasi (pemasaran, teknik, operasi, dan keuangan) harus bekerja sama untuk mendesain produk baru yang dibutuhkan perusahaan. Sering kali langkah ini dilakukan oleh suatu tim lintas fungsi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan produk baru. Strategi ini merupakan yang paling lengkap tetapi paling sulit untuk dilaksanakan. Sering kali tim lintas fungsi yang dibentuk bertentangan satu sama lain sehingga harus dicapai jalan untuk mengatasi perpecahan dalam tim. Namun apabila masalah ini dapat diatasi, maka dapat menghasilkan produk yang baik. 

2. Tiga hal yang mempengaruhi keberhasilan suatu strategi, yaitu:

·         Koordinasi di Antara Area-area Fungsional.

Peningkatan koordinasi di antara area-area fungsional perusahaan diperlukan karena setiap fungsi memiliki perspektif yang berbeda-beda untuk menghasilkan produk yang unggul. Salah satu tujuan strategi adalah memastikan bahwa semua anggota tim bekerja secara bersama-sama, oleh karenanya diperlukan strategi yang dapat diterima, dapat dimengerti, dan dapat dilaksanakan oleh semua fungsi dalam perusahaan.

·         Pengalokasian Sumber Daya.

Pengalokasian sumber daya sangat diperlukan karena sumber daya sangat terbatas. Keterbatasan kapasitas, waktu penjualan, uang atau modal, peralatan, tenaga kerja dan lain-lain memerlukan pengelolaan yang baik. Sumber daya yang ada harus dapat dibagikan ke semua fungsi sesuai kebutuhannya sehingga diperlukan pengaturan untuk pengalokasian sumber daya tersebut sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal.

·         Posisi Pasar yang Unggul.

Keberhasilan produk di pasar sangat dipengaruhi pula oleh produk dari pesaing. Produk pesaing dapat berasal dari industri sejenis maupun berasal dari industri lain yang mempunyai kemiripan fungsi produk sehingga dapat saling menggantikan. Strategi yang baik harus dapat menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing, sehingga dapat diambil satu strategi agar dapat bertahan di antara pesaing. Perancangan dan pengembangan produk memerlukan strategi tertentu agar produk dapat diterima oleh pasar. Kegagalan produk di pasar dapat disebabkan strategi yang kurang tepat ataupun perubahan selera konsumen yang sangat cepat di samping adanya pesaing. Strategi produk yang menyeluruh meliputi tujuh elemen, yaitu:

a) Pernyataan tujuan produk harus dapat dicapai.

b) Pemilihan alternatif-alternatif strategis.

c) Pemilihan target konsumen.

d) Pemilihan target pesaing.

e) Pernyataan tentang strategi inti.

f) Deskripsi bauran pemasaran.

g) Deskripsi pendukung program-program fungsional. 

Sumber:  BMP EKMA4473

 

Comments

Popular posts from this blog

HARGA DAN ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

INTERVIEW cruiseship

Tugas