Tugas 1 EKMA 4371 / Manajemen Rantai Pasokan

 

Tugas 1                 : EKMA 4371 / Manajemen Rantai Pasokan  

 

1A.Sebutkan dan jelaskan proses inti manajemen  rantai pasokan mencapai misi perusahaan

·         Customer Relationship Management (CRM): langkah pertama
manajemen ratai pasok adalah mengidentifikasi pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang perusahaan. Rencana bisnis adalah titik awal identifikasi.

·         ustomer Service Management (CSM): sumber tunggal informasi pelanggan yang mengurus persetujuan produk dan jasa

·         Demand Management: proses ini harus menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemampuan supply perusahaan, menentukan apa yang akan dibelipelanggan dan kapan.

·         Customer Demand Fulfillment: proses penyelesaian pesanan ini secara efektif memerlukan integrasi rencana kerja antara produk, distribusi, dan transportasi.

·         Manufacturing Flow Management: biasanya perusahaan memproduksi barang lalu dibawa ke bagian distribusi berdasarkan ramalan historik. Produk dihasilkan untuk memenuhi jadwal produksi.

·         Procurement: membina hubungan jangka panjang dengan sekelompok pemasok dalam arti hubungan win-win relationship akan mengubah sistem beli tradisional.

·         Pengembangan Produk dan Komersialisasi: untuk mengurangi waktu masuknya produk ke pangsa pasar, pelanggan, dan supplier seharusnya dimasukkan ke dalam proses pengembangan produK.

·         Retur: proses manajemen retur yang efektif memungkinkan kita mengidentifikasi produktivitas kesempatan memperbaiki dan menerobos proyek-proyek agar dapat bersaing.

B. Dalam proses-proses inti ini, proses  manakah supplier dilibatkan untuk mencapai misi perusahaan?

 Customer Relationship Management (CRM): mengidentifikasi pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang perusahaan. Rencana bisnis adalah titik awal identifikasi. Tim pelayanan pelanggan (customer service) membuat dan melaksanakan program-program bersama, persetujuan produk dan jasa ditetapkan pada tingkat kinerja tertentu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk pelanggan baru, dikembangkan komunikasi dan prediksi yang lebih baik atas permintaan pelanggan. Lalu tim customer service bekerja sama dengan pelanggan mengidentifikasi dan menghilangkan sumber-sumber variabilitas demand. Terakhir, para manajer mempelajari evaluasi-evaluasi tersebut untuk menganalisis pelayanan seperti apa yang akan diberikan pada pelanggan tersebut juga keuntungan yang diperoleh.

2.Distribusi dipengaruhi oleh beberapa faktor struktur penyusun jaringan distribusi yang dapat mengakibatkan tercapainya pelayanan yang baik untuk konsumen. Faktor tersebut antara lain (Chopra dan Meindl, 2013):

·         Response time: berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan produk sampai pada konsumen. Ini sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan. Apabila produk terlambat diterima konsumen dan tersedia produk pengganti, maka apabila terjadi keterlambatan pada proses pengiriman akan menyebabkan konsumen akan beralih ke produk lain. Dengan demikian jaringan distribusi harus cepat merespons keadaan pasar yang bisa berubah-ubah setiap saat.

·         Product variety: berkaitan dengan banyaknya jenis produk yang ditawarkan oleh saluran distribusi tersebut; ketika jenis produk yang ditawarkan banyak maka saluran distribusi akan lebih rumit dan membutuhkan alat kontrol lain untuk mendapatkan biaya yang efisien.

·          Product availability: berkaitan dengan ketersediaan akan produk tersebut ketika permintaan pasar lebih tinggi dari permintaan yang telah diperkirakan. Hal ini biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu. Contohuntuk produk yang fast moving consumer goods akan mengalami peningkatan permintaan pada saat hari besar agama ataupun tahun baru.Peramalan tentang peningkatan penjualan sangat penting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan waktu yang terbatas.

·         Costumer experience: berkaitan dengan kemudahan konsumen mendapatkan produk dan menggunakan produk tersebut. Sebagai contoh jika produk dikategorikan sebagai produk konsumsi, maka permintaan pasar akan produk tersebut dalam kapasitas atau volume yang banyak.

·         Time to market: berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan merespons ketika ada produk baru. Saluran atau jaringan distribusi harus memperhitungkan masalah ini karena jika peramalan akan terserapnya produk baru meleset jauh, maka produk tersebut biasanya akan disebut produk gagal oleh pasar.

 

3. Diketahui persamaan regresi peramalan penjualan PC, yang menganalisa bahwa hasil penjualan PC  tergantung pada  jumlah distributor  adalah sebagai berikut :

Y =5,5 + 7X

Dimana : Y =  Penjualan PC

               X = jumlah distributor 

       Apabila distibutor tahun 2022 adalah 70 distrbutor, maka hitunglah perkiraan penjualan pada tahun 2022

Y = 5,5 + 7(X)

Y = 5,5 + 7(70)

Y = 5,5 + 490

Y = 595,5

 

 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

HARGA DAN ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

INTERVIEW cruiseship

Tugas