Tugas 1 EKMA 4371 / Manajemen Rantai Pasokan
Tugas 1 : EKMA 4371 / Manajemen Rantai Pasokan
1A.Sebutkan
dan jelaskan proses inti manajemen
rantai pasokan mencapai misi perusahaan
·
Customer
Relationship Management (CRM): langkah pertama
manajemen ratai pasok adalah mengidentifikasi
pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang perusahaan.
Rencana bisnis adalah titik awal identifikasi.
·
ustomer
Service Management (CSM): sumber tunggal informasi pelanggan yang mengurus
persetujuan produk dan jasa
·
Demand
Management: proses ini harus menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan
kemampuan supply perusahaan, menentukan apa yang akan dibelipelanggan dan
kapan.
·
Customer
Demand Fulfillment: proses penyelesaian pesanan ini secara efektif memerlukan
integrasi rencana kerja antara produk, distribusi, dan transportasi.
·
Manufacturing
Flow Management: biasanya perusahaan memproduksi barang lalu dibawa ke bagian
distribusi berdasarkan ramalan historik. Produk dihasilkan untuk memenuhi
jadwal produksi.
·
Procurement:
membina hubungan jangka panjang dengan sekelompok pemasok dalam arti hubungan
win-win relationship akan mengubah sistem beli tradisional.
·
Pengembangan
Produk dan Komersialisasi: untuk mengurangi waktu masuknya produk ke pangsa
pasar, pelanggan, dan supplier seharusnya dimasukkan ke dalam proses
pengembangan produK.
·
Retur:
proses manajemen retur yang efektif memungkinkan kita mengidentifikasi
produktivitas kesempatan memperbaiki dan menerobos proyek-proyek agar dapat
bersaing.
B. Dalam proses-proses inti ini, proses
manakah supplier dilibatkan
untuk mencapai misi perusahaan?
Customer Relationship Management (CRM):
mengidentifikasi pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang
perusahaan. Rencana bisnis adalah titik awal identifikasi. Tim pelayanan
pelanggan (customer service) membuat dan melaksanakan program-program bersama,
persetujuan produk dan jasa ditetapkan pada tingkat kinerja tertentu untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk pelanggan baru, dikembangkan komunikasi dan
prediksi yang lebih baik atas permintaan pelanggan. Lalu tim customer service
bekerja sama dengan pelanggan mengidentifikasi dan menghilangkan sumber-sumber
variabilitas demand. Terakhir, para manajer mempelajari evaluasi-evaluasi
tersebut untuk menganalisis pelayanan seperti apa yang akan diberikan pada
pelanggan tersebut juga keuntungan yang diperoleh.
2.Distribusi
dipengaruhi oleh beberapa faktor struktur penyusun jaringan distribusi yang
dapat mengakibatkan tercapainya pelayanan yang baik untuk konsumen. Faktor
tersebut antara lain (Chopra dan Meindl, 2013):
·
Response
time: berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan produk sampai
pada konsumen. Ini sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan. Apabila
produk terlambat diterima konsumen dan tersedia produk pengganti, maka apabila
terjadi keterlambatan pada proses pengiriman akan menyebabkan konsumen akan
beralih ke produk lain. Dengan demikian jaringan distribusi harus cepat
merespons keadaan pasar yang bisa berubah-ubah setiap saat.
·
Product
variety: berkaitan dengan banyaknya jenis produk yang ditawarkan oleh saluran
distribusi tersebut; ketika jenis produk yang ditawarkan banyak maka saluran
distribusi akan lebih rumit dan membutuhkan alat kontrol lain untuk mendapatkan
biaya yang efisien.
·
Product availability: berkaitan dengan
ketersediaan akan produk tersebut ketika permintaan pasar lebih tinggi dari
permintaan yang telah diperkirakan. Hal ini biasanya terjadi pada waktu-waktu
tertentu. Contohuntuk produk yang fast moving consumer goods akan mengalami
peningkatan permintaan pada saat hari besar agama ataupun tahun baru.Peramalan
tentang peningkatan penjualan sangat penting untuk mendapatkan keuntungan yang
maksimal dengan waktu yang terbatas.
·
Costumer
experience: berkaitan dengan kemudahan konsumen mendapatkan produk dan
menggunakan produk tersebut. Sebagai contoh jika produk dikategorikan sebagai
produk konsumsi, maka permintaan pasar akan produk tersebut dalam kapasitas
atau volume yang banyak.
·
Time
to market: berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan
merespons ketika ada produk baru. Saluran atau jaringan distribusi harus
memperhitungkan masalah ini karena jika peramalan akan terserapnya produk baru
meleset jauh, maka produk tersebut biasanya akan disebut produk gagal oleh
pasar.
3.
Diketahui persamaan regresi peramalan
penjualan PC, yang menganalisa bahwa hasil penjualan PC tergantung pada jumlah
distributor adalah sebagai berikut :
Y =5,5 +
7X
Dimana : Y =
Penjualan PC
X = jumlah distributor
Apabila distibutor tahun 2022 adalah 70
distrbutor, maka hitunglah perkiraan penjualan pada tahun 2022
Y = 5,5 + 7(X)
Y = 5,5 + 7(70)
Y = 5,5 + 490
Y = 595,5
Terimakasih atas informasinya
ReplyDeleteGood
ReplyDelete