Tugas 2 : EKMA4478 /Analisis Kasus Bisnis
Tugas 2 :
EKMA4478 /Analisis Kasus Bisnis
Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh organisasi bisnis/perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawan sehingga dapat dipromosikan untuk mengisi jabatan tertentu yaitu:
Ada sejumlah metode yang dapat diambil dalam mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan, sesuai dengan situasi yang dihadapi perusahaan:
1. Pelatihan karyawan
Metode ini membantu karyawan membangun pengetahuan dasar yang harus mereka miliki pada level atau posisi tertentu.
2. Coaching efektif
Pemimpin atau jajaran manajemen dapat menjadi coach yang efektif bagi karyawan mereka. Selama bekerja, mereka dapat menggunakan berbagai situasi yang mereka hadapi sebagai momen belajar. Bahan belajar terbaik memang berasal dari rutinitas atau problem yang dihadapi karyawan sehari-hari.
3. Mentoring kepemimpinan
Mentoring akan lebih efektif daripada melatih, memarahi, mengritik, atau menegur karyawan. Dengan mentoring, karyawan akan lebih terbantu untuk melihat dampak dari perilakunya, memunculkan rasa tanggung jawab pribadi, dan kemudian berkomitmen untuk membuat perubahan positif.
Terdapat beberapa metode/cara yang lumrah dipakai dalam program pengembangan karir, yaitu :
1.
Pendidikan dan Pelatihan
Metode ini menjadi salah satu cara perusahaan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, perilaku, keterampilan, serta pengetahuan dari karyawannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bentuk-bentuk pendidikan dan pelatihan ini adalah seperti perencanaan karir, pembelajaran, rotasi pekerjaan, pelatihan dan bimbingan, bussines games, simulasi, magang, dan lain sebagainya.
2.
Promosi
Promosi menjadi bentuk program pengembangan karir yang diharapkan oleh karyawan karena mereka bisa mendapat jabatan dengan posisi yang lebih tinggi. Umumnya, promosi juga akan diikuti oleh tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi pula, namun semua akan sebanding dengan income dan fasilitas yang didapat. Pelaksanaan promosi tentu harus memperhatikan syarat-syarat seperto pengalaman, tingkat pendidikan, kejujuran, loyalitas, dan sebagainya.
3.
Mutasi
Mutasi merupakan perubahan posisi/jabatan atau tempat bekerja yang dilakukan pimpinan perusahaan kepada karyawannya baik secara horizontal maupun vertical. Prinsip dari program mutasi ini adalah memindahkan karyawan ke posisi yang lebih tepat dengan pekerjaan yang sesuai sehingga produktivitas kerja bisa meningkat.
Comments
Post a Comment