JAWABAN TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE PEMASARAN STRATEGIS (EKMA 4475)

 

TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE

PEMASARAN STRATEGIS (EKMA 4475)

 

KOPI KAPAL API MEMENUHI HARAPAN PENIKMAT KOPI

 

 

1.      Anda diminta menganalisa posisi “ Kopi Kapal Api” sebagai market leader menggunakan konsep Daur Hidup Produk (DHP) dengan menentukan posisinya dalam DHP (kaitkan antara konsep (karakteristik) dengan kasus).

 

Tahap Kedewasaan

Tahap kedewasaan dibagi menjadi tiga, yaitu tahap kedewasaan yang meningkat, stabil, dan tahap kedewasaan yang menurun. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar adalah dengan modifikasi pasar, modifikasi produk, serta modifikasi bauran pemasaran. Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan mencari pembeli dan segmen baru, menaikkan penggunaan, dan memperbaiki kembali posisi merek. Modifikasi produk dilakukan dengan perbaikan kualitas, tampilan fisik (feature), dan perbaikan style atau corak. Modifikasi bauran pemasaran misalnya dengan menurunkan harga dan promosi yang lebih agresif.

 

Sebagaimana pada kutipan bacaan berikut:

Untuk memenuhi kebutuhan akan kenikmatan kopi, konsumen kini mendapatkan pilihan yang beragam mulai dari Kapal Api Spesial (kopi bubuk murni), Kapal Api Spesial Mix (kopi plus gula), Kapal Api Kopi Susu (kopi, gula dan susu) sampai ke produk yang baru saja diluncurkan, Kapal Api Mocha (kopi, gula, susu dengan campuran coklat). Ini merupakan strategi diferensiasi yang dilakukan oleh PT. Santos Jaya Abadi untuk menguasai market share kopi instan di Indonesia. Kopi Kapal Api harus selalu memperhatikan kompetitor-kompetitor dan selalu melakukan inovasi produk.

 

2.      Sukses Produk “Kopi Kapal Api” karena memberikan sentuhan nilai (value) yang merupakan satu kesatuan dengan merek. Jelaskan komponen merek menurut Aaker (1996) dan kaitkan dengan kasus.

Kesadaran merek

Kesadaran merek dapat menghasilkan sejumlah keuntungan. Misalnya adalah keakraban, memberikan preferensi pada merek terhadap mereka yang kurang akrab, dan penarikan spontan pada titik-titik penting dalam proses keputusan.

Kapal Api Group (Kapal Api, ABC, Ya, dan Good Day) sulit digeser oleh produk kopi bubuk instant manapun

 

Asosiasi merek

Asosiasi merek adalah atribut yang terkait dengan sebuah merek yang membantu membedakannya dari para pesaing.

·         Kapal Api bertahan di pasar sebagai market leader karena mampu bertahan dari paradigm kopi adalah HITAM (Paham kopi pasti hitam).

Loyalitas merek

·         Kesetiaan merek berarti bahwa basis pelanggan yang ada kecil kemungkinan untuk beralih ke merek pesaing.

·         Berbekal pengalaman lebih dari 75 tahun di pasar kopi, Kapal Api juga masuk ke segmen kopi premium dengan mengangkat kopi khas daerah. Karakteristik konsumen di Indonesia dan Negara lain adalah loyalitasnya pada kualitas rasa dan aroma kopi yang telah turun-temurun dinikmati bersama keluarga. Konsisten dalam rasa, aroma serta inovasi produk menjadi semakin praktis adalah salah satu syarat memenangkan hati konsumen.

Persepsi kualitas

·         Kualitas yang dirasakan berhubungan dengan persepsi merek dalam hal kualitas seperti kinerja, daya tahan, keandalan, dan dimensi kualitas lainnya. Persepsi tersebut dapat diperkuat, antara lain, melalui iklan dan promosi.

·         Sekali mencium aroma istimewanya, langsung mengerti bahwa Kapal Api adalah kopi terbaik yang ada di pasaran. Dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus, Kapal Api memberikan standar baru dalam menikmati rasa dan sensasi secangkir kopi. Produk spesial yang ditawarkan merupakan kunci dan strategi PT Santos Jaya Abadi untuk membidik pasar sehingga tetap melekat dengan lidah konsumen. Kopi Kapal Api yang diklaim menggunakan 100% biji kopi pilihan dan tanpa campuran mampu mempertahankan konsumennya dari sejak awal berproduksi hingga sekarang.

Aset merek eksklusif lainnya

·         Aset merek eksklusif lainnya merujuk pada berbagai faktor yang memperkuat keunggulan kompetitif merek, misalnya paten, merek dagang, dan hubungan saluran. Merek dagang, misalnya, akan melindungi ekuitas merek dari pesaing yang mungkin ingin membingungkan pelanggan dengan menggunakan nama, simbol, atau paket yang serupa.

·         Kopi Kapal Api merupakan sebuah merk yang sudah dikenal kualitasnya di dalam industri kopi Indonesia, bahkan dunia.

 

3.      Anda diminta menjelaskan dan menganalisis keberhasilan Kopi Kapal Api mengelola produk individu sehingga produknya dapat memberikan value kepada konsumen sehingga mampu menciptakan konsumen loyal yang tidak tergoyahkan dengan produk kopi lain?

Keputusan produk individual meliputi keputusan-keputusan yang bertalian dengan pengembangan dan pemasaran produk-produk individual, dimana keputusan tersebut menyangkut:

·         Atribut produk

·         Pemberian merek

·         Pengemasan produk

·         Pemasangan label produk

·         Pelayanan produk

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

HARGA DAN ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

INTERVIEW cruiseship

Tugas