TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE PEMASARAN STRATEGIS (EKMA 4475)
TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE
PEMASARAN STRATEGIS (EKMA 4475)
KOPI KAPAL API MEMENUHI HARAPAN PENIKMAT
KOPI
1.
Anda
diminta menganalisa posisi “ Kopi Kapal Api” sebagai market leader menggunakan
konsep Daur Hidup Produk (DHP) dengan menentukan posisinya dalam DHP (kaitkan
antara konsep (karakteristik) dengan kasus).
Tahap Kedewasaan
Tahap kedewasaan dibagi menjadi tiga, yaitu tahap
kedewasaan yang meningkat, stabil, dan tahap kedewasaan yang menurun. Strategi
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar
adalah dengan modifikasi pasar, modifikasi produk, serta modifikasi bauran
pemasaran. Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan mencari pembeli dan segmen
baru, menaikkan penggunaan, dan memperbaiki kembali posisi merek. Modifikasi
produk dilakukan dengan perbaikan kualitas, tampilan fisik (feature), dan
perbaikan style atau corak. Modifikasi bauran pemasaran misalnya dengan
menurunkan harga dan promosi yang lebih agresif.
Sebagaimana pada kutipan bacaan berikut:
Untuk memenuhi kebutuhan akan kenikmatan kopi,
konsumen kini mendapatkan pilihan yang beragam mulai dari Kapal Api Spesial
(kopi bubuk murni), Kapal Api Spesial Mix (kopi plus gula), Kapal Api Kopi Susu
(kopi, gula dan susu) sampai ke produk yang baru saja diluncurkan, Kapal Api
Mocha (kopi, gula, susu dengan campuran coklat). Ini merupakan strategi
diferensiasi yang dilakukan oleh PT. Santos Jaya Abadi untuk menguasai market
share kopi instan di Indonesia. Kopi Kapal Api harus selalu memperhatikan
kompetitor-kompetitor dan selalu melakukan inovasi produk.
2.
Sukses
Produk “Kopi Kapal Api” karena memberikan sentuhan nilai (value) yang merupakan
satu kesatuan dengan merek. Jelaskan komponen merek menurut Aaker (1996) dan
kaitkan dengan kasus.
Kesadaran merek
Kesadaran merek dapat menghasilkan sejumlah
keuntungan. Misalnya adalah keakraban, memberikan preferensi pada merek
terhadap mereka yang kurang akrab, dan penarikan spontan pada titik-titik
penting dalam proses keputusan.
Kapal Api Group (Kapal Api, ABC, Ya, dan Good Day)
sulit digeser oleh produk kopi bubuk instant manapun
Asosiasi merek
Asosiasi merek adalah atribut yang terkait dengan
sebuah merek yang membantu membedakannya dari para pesaing.
·
Kapal
Api bertahan di pasar sebagai market leader karena mampu bertahan dari paradigm
kopi adalah HITAM (Paham kopi pasti hitam).
Loyalitas merek
·
Kesetiaan
merek berarti bahwa basis pelanggan yang ada kecil kemungkinan untuk beralih ke
merek pesaing.
·
Berbekal
pengalaman lebih dari 75 tahun di pasar kopi, Kapal Api juga masuk ke segmen
kopi premium dengan mengangkat kopi khas daerah. Karakteristik konsumen di
Indonesia dan Negara lain adalah loyalitasnya pada kualitas rasa dan aroma kopi
yang telah turun-temurun dinikmati bersama keluarga. Konsisten dalam rasa,
aroma serta inovasi produk menjadi semakin praktis adalah salah satu syarat
memenangkan hati konsumen.
Persepsi kualitas
·
Kualitas
yang dirasakan berhubungan dengan persepsi merek dalam hal kualitas seperti
kinerja, daya tahan, keandalan, dan dimensi kualitas lainnya. Persepsi tersebut
dapat diperkuat, antara lain, melalui iklan dan promosi.
·
Sekali
mencium aroma istimewanya, langsung mengerti bahwa Kapal Api adalah kopi
terbaik yang ada di pasaran. Dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara
khusus, Kapal Api memberikan standar baru dalam menikmati rasa dan sensasi
secangkir kopi. Produk spesial yang ditawarkan merupakan kunci dan strategi PT
Santos Jaya Abadi untuk membidik pasar sehingga tetap melekat dengan lidah
konsumen. Kopi Kapal Api yang diklaim menggunakan 100% biji kopi pilihan dan
tanpa campuran mampu mempertahankan konsumennya dari sejak awal berproduksi
hingga sekarang.
Aset merek eksklusif lainnya
·
Aset
merek eksklusif lainnya merujuk pada berbagai faktor yang memperkuat keunggulan
kompetitif merek, misalnya paten, merek dagang, dan hubungan saluran. Merek
dagang, misalnya, akan melindungi ekuitas merek dari pesaing yang mungkin ingin
membingungkan pelanggan dengan menggunakan nama, simbol, atau paket yang
serupa.
·
Kopi
Kapal Api merupakan sebuah merk yang sudah dikenal kualitasnya di dalam
industri kopi Indonesia, bahkan dunia.
3.
Anda
diminta menjelaskan dan menganalisis keberhasilan Kopi Kapal Api mengelola
produk individu sehingga produknya dapat memberikan value kepada konsumen
sehingga mampu menciptakan konsumen loyal yang tidak tergoyahkan dengan produk
kopi lain?
Keputusan produk individual meliputi
keputusan-keputusan yang bertalian dengan pengembangan dan pemasaran produk-produk
individual, dimana keputusan tersebut menyangkut:
·
Atribut
produk
·
Pemberian
merek
·
Pengemasan
produk
·
Pemasangan
label produk
·
Pelayanan
produk
Terimakasih
ReplyDeleteMembantu
ReplyDelete